SMP NEGERI 10 SAMARINDA SEKOLAH BERBASIS LINGKUNGAN .: SMPN 10 Ingin Buka Perpus untuk Umum Agar Lingkungan Sekolah Bisa Dinikmati Masyarakat
KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN

SMPN 10 Ingin Buka Perpus untuk Umum Agar Lingkungan Sekolah Bisa Dinikmati Masyarakat




SMP Negeri 10 semakin mantap untuk menuju sekolah terbaik di Kota Samarinda. Sekolah ini terus menunjukan komitmennya menuju perubahan yang lebih baik. Terbukti, selalu saja ada "kejutan" baru yang dibuat oleh sekolah yang berada di Jl Ir Sutami ini.

Tentu saja kejutan positif yang tidak pernah diprediksi sebelumnya. Sekolah ini terus mengukir prestasi yang membanggakan. Yang mengejutkan, SMPN 10 mampu mengalahkan sekolah unggul yang berada di kota.

Contohnya, sekolah ini baru saja meraih Juara Klinik Inggris Kota Samarinda. Padahal, sekolah ini belum memiliki lab bahasa. Namun, jika dilihat Klinik Inggris SMPN 10 memang layak disebut juara. Bukan mengunggulkan peralatan lengkap dan mewah, justru Klinik Inggris yang tepat berada di belakang kelas ini justru dikemas sederhana dan berbeda.

"Meskipun kami tidak memiliki lab bahasa, namun kami ingin anak-anak kami tidak merasa kekurangan. Lalu kami membuat tempat Klinik Inggris, yang nyaman untuk anak-anak. Kami menyediakan buku dan juga dibantu oleh guru, sebagai konsultan," jelas Kepala SMPN 10, Erminawati.

Sementara yang terbaru, SMPN 10 baru saja meraih Juara Perpustakaan se Kota Samarinda. Padahal, jika dilihat perpustakaannya cukup kecil dan terbatas. Namun, karena desainnya yang sederhana dan menarik, sekolah ini mampu memikat dewan juri.

Tidak seperti perpustakaan sekolah pada umumnya, perpustakaan SMPN 10 selalu terlihat bersih dan rapi. "Saya selalu menanamkan kepada siswa, guru atau siapapun yang berada di SMPN 10, bahwa kebersihan di lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya petugas kebersihan sekolah. Sehingga siswa malu jika membuang sampah sembarangan," tambahnya.

Karena itu, ibu yang akrab disapa Ibu Ermin ini ingin keindahan sekolah yang meraih Juara Sekolah Sehat Kalimantan Timur (Kaltim) ini bisa dinikmati masyarakat. Tidak hanya keluarga besar SMPN 10.

"Mungkin selama ini masyarakat penasaran bagaimana sih, Juara Sekolah Sehat se Kaltim. Karena itu, saya berinisiatif untuk membuka perpustakaan SMPN 10 untuk umum. Selain masyarakat bisa membaca, mereka juga bisa melihat lingkungan sekolah ini. Tentu saja, dengan syarat tetap menjaga kebersihan sekolah," pungkasnya. (ici)